- - - -
Jum'at, 19 Oktober 2018  
Sidang Pencurian Kernel Sawit di PN Dumai
Saksi Lemahkan Dakwaan JPU Terhadap Terdakwa Renol Tampubolon

Reportase Dumai - Mulak Sinaga - Kamis, 04/10/2018 - 19:17:49 WIB

DUMAI--Reportase Riau.Com--PN Dumai kembali menyidangkan perkara pencurian kernel sawit dengan mendengarkan saksi Ade Charge( meringankan ) Kamis ( 04/10/18 ).

Majelis sidang, Firman Khadafi Tjindar Bumi SH ( Ketua ) dan Kedua Hakim Anggota Liena SH M. Hum,Irwansyah SH.

Terungkap di persidangan menurut penasihat terdakwa bahwa dakwaan Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) dari Kejaksaan Negeri Dumai terhadap terdakwa Renol Tampubolon terkesan lemah.

Lemahnya Pasal 363 dakwaan Jaksa Penuntut Umum itu terungkap dari pengakuan kedua saksi Ad de Charge ( meringankan ) yang di hadirkan Kuasa Hukum terdakwa Renol Tampubolon.Sangkaan pihak Penyidik Kepolisian dan dakwaan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Dumai kepada terdakwa Renol Tampubolon,menurut penasihat hukum tidak tepat alias kabur dan tidak tepat.

Dimana sesuai dengan pengakuan kedua saksi yang merupakan ( teman satu sip dengan terdakwa Renol Tampubolon di Payer Pemadaman ) itu, terdakwa Renol Tampubolon saat kejadian seperti di sangkakan/ dakwakan oleh pihak penyidik Kepolisian dan JPU dari Kejaksaan Negeri Dumai, sedang standbay di kantor menunggu adanya panggilan bilamana ada kebakaran.

"Pada saat kejadian yang disangkakan / tuduhkan saudara Renol Tampubolon beserta 5 orang temannya sedang standbay menunggu panggilan darurat kebakaran di kantor,”ujar saksi Irwan di depan persidangan menjawab pertanyaan Majelis Hakim, Kamis ( 04/10/18 ).

Dalam penjelasannya kepada Majelis,saksi Irwan mengaku bisa menjamin kalau terdakwa Renol Tampubolon berada di kantor bersama teman kerja satu sip mereka.

Demikian halnya dengan keterangan kesaksian saksi Ade charge,Saiful selaku karyawan tetap dari perusahaan Wilmar Group.Saat ditanya Kuasa Hukum dari Renol Tampubolon,Saiful mengaku pada saat kejadian seperti yang disangkakan/ dakwakan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Dumai bernama Agung kepada terdakwa Renol Tampubolon.

Teman satu sip mereka,Renol Tampubolon berada di pos ( kantor ) untuk stand bay menunggu manatau ada panggilan darurat kebakaran dilingkungan perusahaan Wilmar Group.Dan menurut Saksi Saiful, sebelum berangkat patroli dan sesudah pulang patroli sampai hendak pulang ke Dumai Pkl 08 pagi. Dirinya ( Saiful ) bersama rekannya Irwan masih tetap melihat dan bersama dengan terdakwa Renol Tampubolon

Ketua Majelis sidang, Firman Khadafi Tjindar Bumi SH dan Kedua Hakim Anggota Liena SH M Hum dan Irwansyah SH, di persidangan, ketiga Hakim Pengadilan Negeri Kls IA Dumai ini, berulang ulang mengingatkan kedua saksi, untuk tidak memberikan keterangan palsu.

"Kalian berdua sudah di sumpah.Jadi jangan coba coba memberikan keterangan palsu.Sebab bila besok besok terbukti ada keterangan yang tidak benar,kalian berdua bisa dipidana,”ujar ketiga Hakim PN Kls IA Dumai ini,secara bergantian.( Mulak Sinaga )

(227) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved