- - - -
Kamis, 13 Desember 2018  
Batik Tulis Bercorak Kerang
Tampil Pada Festival Kenduri Kerang di Rokan Hilir

Advertorial Rohil - Wisman Sinaga - Senin, 01/10/2018 - 13:32:38 WIB
Batik tulis bercorak kerang, siput, ikan dan udang ditampilkan pada festival kenduri kerang dalam rangka HUT ke-19 Rohil.
TERKAIT:

ROKAN Hilir--Batik tulis bercorak kerang dan siput laut ciri khas Kabupaten Rokan ditampilkan pada festival kenduri kerang dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 tahun Kabupaten Rokan Hilir yang berlokasi di pusat jajanan serba ada (pujasera) di Jalan Pulau Baru,Kecamatan Bangko,Kota Bagansiapiapi Minggu 30 September 2018.

Menurut Miskiyah, salah seorang pengrajin batik tulis asal Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) menyebutkan ini merupakan salah satu ciri khas dari Kabupaten Rokan Hilir. Dimana di Kabupaten Rokan Hilir sendiri banyak siput siput dari laut yang bisa dijadikan sebuah karya seni yang indah.

Miskiyah berujar gagasan ini adalah spontanitas pada saat mengikuti lomba pada tingkat nasional di Provinsi Bengkulu. Dengan adanya tantangan dari dewan juri mengatakan jika seandainya anda menang apa yang anda lakukan.

"Untuk itulah saya ciptakan menu olahan hasil laut dengan jumlah 17 menu olahan hasil laut, sekaligus membuat batik tulis. Semuanya ada gambar siput," sebutnya.

Ditambahkan, menurutnya ini semua berkat bantuan anggota DPRD Provinsi Riau, Siswadja Muljadi yang telah memberikan dan membantu untuk kegiatan pelatihan membatik di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), dan akhirnya dikembangkan.

Dalam kesempatan itu Bupati Rokan Hilir, H Suyatno memberikan apresiasi kepada Siswadja Muljadi selaku anggota DPRD Provinsi Riau yang sudah memberikan edukasi kepada masyarakat Kabupaten Rokan Hilir melalui kegiatan membatik.

"Dengan mengucapkan bismillahi rohmanirrohim hari ini, tanggal 30 September 2018, batik tulis dan kenduri kerang dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Rokan Hilir ke - 19 tahun saya nyatakan resmi dibuka," kata H Suyatno. (wisman)

Batik tulis bercorak kerang, siput, ikan dan udang ditampilkan pada festival kenduri kerang dalam rangka HUT ke - 19 Rohil.

(143) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved