- - - -
Rabu, 14 November 2018  
Pemkab Rokan Hilir
Bangun IPAL Komunal Berbasis Masrakat Di Tiga Kecamatan

Reportase Daerah - Wisman Sinaga - Sabtu, 01/09/2018 - 17:09:27 WIB

Rohil - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman setempat membangun Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL) Komunal di 30 (tiga puluh) desa di tiga kecamatan se-Rokan Hilir.

Ketiga puluh desa tersebut berada di Kecamatan Bangko, Kecamatan Pasir Limau Kapas dan Kecamatan Sinaboi. Ketiga kecamatan itu berada di wilayah pesisir Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Kabupaten Rokan Hilir, Zulfahmi mengatakan, pembangunan sanitasi itu ada dua jenis, pertama pembangunan septi tank komunal berbasis masyarakat dan instalasi pengelolaan air limbah rumah tangga.

Disebutkan, satu unit instalasi pengelolaan air limbah diperuntukan untuk 25 sambungan rumah tangga, setelah instalasi pengelolaan air limbah dibangun, kemudian dibangun tempat mandi cuci kakus (MCK) umum dan sumur bor. "Sekarang ini satu kepenghuluan 1 unit IPAL," sebut Zulfahmi, Sabtu 1 September 2018.

Lebih jauh, Zulfahmi menerangkan, pelaksanaan pembangunan sanitasi komunal berbasis masyarakat itu dananya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun anggaran 2018, polanya pelaksanaannya sesui petunjuk pelaksanaan (jutlak) dari kementrian, dan dikelola oleh Kelompok Suwadaya Masyarakat (KSM).

Dikatakan, pencairan tahap awal sudah dilakukan sebesar 20 persen, selanjutnya pihaknya saat ini tengah melakukan pengurusan pencairan tahap dua sebesar 50 persen. "Didampingi tenaga fasilitator lapangan yang berasal dari Rokan Hilir, dan rata rata berlatar belakang sarjana," kata Zulfahmi. (wisman)



(123) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved