- - - -
Kamis, 15 November 2018  
Meningkatkan Daya Saing Mutu Pendidikan di Kabupaten Pelalawan

Advertorial Pelalawan - Rasmidir - Selasa, 21/08/2018 - 08:48:20 WIB
Kadis Pendidikan Kabupaten Pelalawan Drs H Syafruddin MSi bersama Kepala Sekolah SD N 004 Pangkalan Kerinci Memegang Piala Juara 1 Perlombaan FLS2N Tingkat Propinsi Riau.
TERKAIT:

Tepatnya pada tanggal 12 Oktober 1999, lahirnya Kabupaten Pelalawan melalui Undang-undang Nomor 53 tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Pelalawan beserta delapan ( 8 ) Kabupaten/ Kota lainnya.

Sejak zaman itu, silih berganti kepemimpinan berjalan didaerah ini berikut pernak-pernik didalamnya, yang semuanya mewarnai pencapaian pembangunan Kabupaten Pelalawan sampai saat ini yakni masa Kepemimpinan Bupati Pelalawan HM Harris yang sudah menjabat dua periode Kepemimpinannya.

Selama Kepemimpinan Bupati Pelalawan HM Harris menjabat dua Periode Kepemimpinannya, adanya sejumlah kerja nyata disertai dengan terobosan dan Inovasi yang dihasilkan selama Kepemimpinan.

Kini sudah ada tujuh (7) program strategis yang menjadi skala prioritas pembangunan di kabupaten Pelalawan diantaranya Pelalawan Sehat,Pelalawan Cerdas, Pelalawan Terang, Pelalawan Lancar dan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Desa / Kelaurahan, Program Peningkatan Ketahanan Pangan dan Perkebunan, Pengembangan Objek Wisata Bono, Program Pembangunan Kawasan Teknopolitan Pelalawan.

“Dengan Adanya Penurunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) Tahun 2018 tidak menghalangi untuk tetap berjalannya tujuh ( 7 ) program prioritas unggulan Pemerintah daerah diantaranya yakni Pelalawan Cerdas”, ungkap HM Harris beberapa waktu lalu.

Mantan Ketua Adkasi ini menambahkan harapan dari pemerintah daerah agar pembangunan berjalan dengan baik dan hendaknya kondusifitas daerah selalu tetap terjaga, di kabupaten Pelalawan sendiri masih banyak hal-hal yang perlu kita perjuangkan ,berbuat dan menyampaikan aspirasi untuk ditingkat yang lebih tinggi lagi.

Di tahun 2006, Kabupaten Pelalawan termasuk 12 besar kabupaten tertinggal. Dengan selama kepemimpinan mantan Bupati Pelalawan HM Harris ini sudah banyak perubahan-perubahan dari Kabupaten yang tertinggal.

Dari Kabupaten yang tertinggal pada tahun 2006, Maka kita diberi waktu dari 2006 sampai 2011, apabila tidak ada perubahan maka akan kembali ke Kabupaten induk yaitu Kabupaten Kampar, maka dari pada itu kita mempunya program di tahun 2011 ada indicator tertinggalnya Kabupaten Pelalawan salah satu nya ketertinggalan Kabupaten Pelalawan yaitu Kesehatan- Pelalawan Sehat, Pendidikan -Pelalawan Cerdas, Penerangan -Pelalawan Terang, Infrastruktur – Pelalawan Lancar, angka kemiskinan.


Pelalawan Cerdas
Program Pelalawan Cerdas yang saat ini tengah digalakkan oleh Pemkab Pelalawan adalah merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah dalam memperkuat penyelenggaraan pendidikan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang selama ini dilaksanakan.

Program pendidikan ini dilaksanakan secara lebih fokus dan terarah guna menekan angka putus sekolah serta meningkatkan angka partisipasi murni semua jenjang pendidikan. Sehingga dengan begitu, rata-rata lama sekolah penduduk di Kabupaten Pelalawan akan meningkat.

Untuk mengaplikasikan hal ini, sejak tahun lalu Pemerintah Kabupaten Pelalawan menjalankan Program Pendidikan Gratis 12 Tahun atau sampai jenjang SLTA. Dengan pengertian tidak ada lagi pungutan-pungutan di sekolah menyangkut operasional sekolah, penyediaan buku pokok dan LKS, pungutan biaya penerimaan siswa baru, biaya belajar mengajar, biaya ujian, apalagi biaya pembangunan sarana dan prasana sekolah.

Bagi siswa miskin bahkan disediakan pakaian dan kelengkapan sekolah lainnya.

Sehingga dengan begitu, tidak ada alasan lagi bagi penduduk usia sekolah 7–18 tahun yang tidak bersekolah di daerah ini. Program pendidikan gratis ini diberlakukan terutama di sekolah negeri. Namun demikian sekolah swasta tetap diberikan subsidi, sesuai kebutuhan dan kecukupan anggaran Pemerintah Daerah. Pelaksanaan pendidikan gratis tentu saja dijalankan dengan tetap mengutamakan mutu pendidikan itu sendiri.
Diakuinya bahwa pada masa transisi, saat awal pemberlakuan program pendidikan gratis ini, masih banyak menimbulkan pro dan kontra dan ketidaksamaan persepsi baik di masyarakat dan juga pada para pelaku pendidikan. Kita juga menyadari bahwa alokasi anggaran masih memiliki kelemahan dan kekurangan.

Ditambah lagi pemberlakuan kurikulum baru yang mengharuskan dilakukan penyesuaian-penyesuaian, hingga terjadi keterlambatan khususnya dalam pengadaan buku pokok di sekolah. Tindakan antisipasi yang kurang tepat menyebabkan masyarakat mempertanyakan program pendidikan gratis tersebut.

Karena itu, Pemerintah Daerah juga memohon maaf kepada masyarakat jika dalam masa awal pelaksanaan program pendidikan gratis ini masih banyak ditemukan permasalahan dan belum terwujud sebagaimana diharapkan. Namun saat ini Pemerintah Daerah terus melakukan upaya penyempurnaan. Di samping itu terus memperkuat pemahaman pelaku pendidikan sebagai pihak terdepan dalam menjalankan program ini, alokasi anggaran terus diperbaiki.

Tentu saja alokasi tersebut berdasarkan kebutuhan sekolah bukan berdasarkan keinginan pengelola.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan Drs H Syafruddin MSi selama menjabat berbagai Prestasi di capai yang membanggakan dan membawa nama baik Kabupaten Pelalawan di tingkat Propinsi Riau dan juga menjadi Perwakilan dari Propinsi Riau.

Adapun Prestasi yang diraih :
Ujian Nasional Terbaik Se Provinsi Riau dari tingkat SD, SMP, SMA atau SMK
UNKP juara 2 di tingkat Se Provinsi Riau
UNBK juara satu basis komputer.juara satu prestasi se Provinsi Riau
Mutu Pendidikan Kabupaten Pelalawan merupakan terbaik Se Provinsi Riau.

“Baru-baru ini Kabupaten Pelalawan mendapat juara satu di tingkat Propinsi Riau yaitu Dalam Festival & Lomba Seni Siswa Nasional ( FLS2N ) pada tingkat Propinsi Riau,Kabupaten Pelalawan mendapat Juara 1 Seni Tari Melayu SD Negeri 04, Juara 1 menggambar SD N 06, Juara 3 SD Negeri 07. Perlombaan Cerdas Cermat tingkat SMP se Propinsi Riau dan Kabupaten Pelalawan mendapat Juara 1 yaitu SMP Bernas Pangkalan Kerinci ” Ungkap Drs H Syafruddin MSi saat dikonfirmasi awak media.
Piagam Penghargaan Pencapaian Progres Input Data PMP Online 100% dalam program Sistem Penjamin Mutu Pendidikan ( SPMP) tahun 2017 di serahkan oleh LPMP Propinsi Riau kepada tiga Kabupaten dan Kabupaten Pelalawan termasuk tiga besar.
Ini merupakan salah satu bentuk kerja nyata dari tujuh ( 7 ) Program strategis Bupati Pelalawan HM Harris menjadi skala Prioritas untuk Pembangunan Kabupaten Pelalawan yakni Pelalawan Cerdas.

“Mewujudkan lembaga pendidikan di Provinsi Riau khususnya di Kabupaten Pelalawan yang menghasilkan sumberdaya manusia yang berkwalitas, Beriman dan bertaqwa serta budaya melayu memiliki daya saing 2030.Dan sistem pendidikan sebagai Pranata sosial yang kuat dan berwibawa dengan memperdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkwalitas, sehingga mampu Pro Aktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah-ubah”

Berbagai terobosan , Inovasi dan kreatifitas dalam meningkatkan mutu Pendidikan di Kabupaten Pelalawan, Dinas Pendidikan terus melaksanakan berbagai Pelatihan-pelatihan dan workshop kepada Kepala Sekolah dan para guru-guru Se kabupaten Pelalawan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan saat sekarang ini. Dijelaskan Drs H Syafruddin MSi.

Selanjutnya, Dinas Pendidikan Kabupaten Pelalawan selama ini tipe B akan menjadi tipe A dan kalau tidak ada halangan menjelang bulan Oktober 2018, nantinya Dinas Pendidikan akan berubah menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Pungkasnya (Advertorial/ Rasmidir)

(271) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved