- - - -
Rabu, 17 Oktober 2018  
Enam Belas Parpol Resmi Mendaftarkan Bacaleg Ke KPU Rohul

Politik & KPU - Karman - Rabu, 18/07/2018 - 17:55:32 WIB

ROKANHULU--Sebanyak 16 partai politik (Parpol) yang sudah terdaftar secara nasional sudah mendaftarkan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang, pendaftaran sudah berakhir pada pukul 00.00 Wib, Selasa malam (17/7/2018).

Inilah Jumlah Bacaleg yang didaftarkan ke KPU Rohul

Partai PKS berjumlah 45 calon
Partai PDIP berjumlah 45 calon
Partai PBB berjumlah 44 calon
Partai PERINDO berjumlah 34 calon

Partai PKB berjumlah 45 calon
Partai PAN berjumlah 45 calon
Partai Hanura berjumlah 36 calon
Partai PPP berjumlah 45 calon

Partai Gerinda berjumlah 45 calon
Partai Demokrat 40 calon
Partai berkarya berjumlah 45 calon
Partai PKPI berjumlah 17 calon

Partai GOLKAR berjumlah 45 calon
Partai NASDEM berjumlah 45 calon
Partai GARUDA berjumlah 15 calon
Partai PSI berjumlah 14 calon


Di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai pertama mengajukan Bacaleg nya ke KPU, sementara Partai Berkarya menjadi Parpol terakhir atau penutup yang mendaftarkan Bacaleg nya, beberapa menit menjelang batas akhir pendaftaran.

Ketua KPU Fahrizal mengungkapkan, sesuai data yang diterima KPU Rohul, terdaftar 605 nama Bacaleg dari 16 Parpol peserta Pemilu 2019 atau seluruhnya mendaftarkan Caleg nya, walaupun ada yang tidak lengkap sesuai kuota pada 4 Dapil.

"Ya, semua Parpol sudah mengajukan Bacaleg, walaupun ada yang tidak melengkapi 45 nama sesuai alokasi kursi DPRD Rohu|, " katanya didampingi Komisioner KPU Rohul Sri Wahyudi, Rabu (18/7/201 8).

‎Ia menambahkan, untuk syarat pencalonan sudah selesai dilakukukan oleh partai Politik dan telah diberikan tanda terimanya, sedangkan untuk syarat bakal calon masih dilakukan verifikasi.

Lebih lanjut dijelaskanya, rata-rata setiap partai politik masih banyak kekurangan yang harus diperbaiki, untuk itulah di tahap selanjutnya akan dilakukan perbaikan.

Saat ditanya apa saja kendala yang dikeluhkan oleh Partai politik kepada KPU, Fahrizal mengaku, umumnya Parpol merasa terkendala masalah sistem aplikasi lambat, namun pihaknya melihat Parpol selalu diujung waktu untuk melakukan pendaftaran, tentunya akan dijumpai hambatan, karena server sibuk sehingga lambat.

"Hingga saat ini tidak ada tambahan waktu untuk pendaftaran Bancaleg, saat ini telah memasuki tahapan verifikasi bakal calon yakni, mulai 5-18 Juli," imbuhnya.

Selanjutnya, terang Fahrizal, tanggal 19-21 Juli pihaknya akan menyampaikan kekurangan syarat bakal calon kepada partai politik. Kemudian 22- ‎31 Juli, merupakan tahapan masa perbaikan berkas Parpol tetap menggunakan aplikasi silon.

Diakuinya, terkait syarat sejauh ini masih banyak yang kurang, seperti surat keterangan kesehatan raga maupun jiwa, keterangan narkoba, bahkan foto KTP belum masukan.

"Kita mengimbau kepada Partai Politik untuk bertanya jika kurang paham, karena kami siap memberikan penjelasan," pungkasnya.(Ar)

(125) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved