- - - -
Rabu, 19 Desember 2018  
Terbukti Korupsi
Mantan Kades Bagan Manunggal di Vonis Dua Tahun 6 Bulan

Reportase Hukrim - Wisman Sinaga - Rabu, 16/05/2018 - 13:04:34 WIB

ROHIL--Rudi Bintoro, warga Bagan Manunggal, Kecamatan Bagan Sinembah, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau di vonis 2 tahun 6 bulan penjara oleh pengadilan negeri (PN) tindak pidana korupsi Pekanbaru.

Selain di vonis dua tahun enam bulan penjara, mantan penghulu Bagan Manunggal ini juga di jatuhi pidana denda sebesar 50 juta rupiah, atau kurungan tiga bulan penjara.

Terdakwa terbukti telah melanggar Pasal 3 jo pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah di ubah dan ditambah UU Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Atas putusan hakim tipikor tersebut terdakwa Rudi Bintoro mengaku pikir-pikir, sementara Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang kepalai Niki Yunismero SH menyatakan puas atas putusan tersebut.

Mantan Penghulu Bagan Manunggal, Kecamatan Bagan Sinembah, Rokan Hilir yang terjerat kasus tindak pidana korupsi anggaran dana kepenghuluan (ADK) dan dana kepenghuluan (DK) tersebut langsung di tahan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sialang Bungkuk, Pekanbaru, Riau.

Selain itu, pengadilan tipikor juga menghukum terpidana untuk membayar biaya uang pengganti sebesar 306 Juta rupiah, sedangkan uang yang telah di setorkan sebesar 31 Juta rupiah.

"Sebanyak 74 juta rupiah masuk ke kas Kepenghuluan Bagan Manunggal, 100 juta rupiah telah dititipkan kepada pihak kejaksaan negeri Rokan Hilir," sebut Kepala Kejaksaan Negeri Rokan Hilir, Gaos Wicaksono SH melalui Kasi Pidsus Mochtar SH didampingi Kasi Intel Farkhan SH kepada wartawan, 15 Mei 2018.

Disebutkan, jika dalam jangka waktu satu setengah tahun setelah putusan yang bersangkutan tidak membayar uang pengganti sebesar 306 Juta rupiah maka pihak kejaksaan akan menyita harta benda milik terdakwa.

Namun pihak kejaksaan negeri Rokan Hilir lebih fokus kepada pengembalian uang, untuk itu pihaknya berupaya melakukan komunikasi kepada terdakwa agar mengembalikan uang pengganti tersebut. (wisman)

(171) Dibaca - () Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved