- - - -
Senin, 21 Mei 2018  
Kelompok Pembudidaya Ikan Mutiara Menaming Panen Raya Perdana

Reportase Rohul - Karman - Kamis, 10/05/2018 - 15:36:15 WIB

ROKAN HULU--Kelompok pembudidaya ikan mutiara Desa Menaming,Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan menggelar panen raya ikan perdana tahun 2018.

Panen raya tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Bidang Perikanan Dinas Ketahan Pangan dan Perikanan Kabupaten Rokan Hulu, Andesmar yang disaksikan oleh anggota kelompok pembudidaya ikan mutiara Desa Menaming
(10/5/18).

Menurutnya Kelompok ini patut diacungi jempol, pasalnya kelompok ini berhasil menjadi kelompok pertama didesa menaming yang berhasil melalukan panen raya dibawah binaan dinas ketahanan pangan dan perikanan Rokan hulu.

Dalam kegiatan panen raya tersebut turut disaksikan oleh kabid ketahananan pangan, ketua kelompok pembudidaya ikan mutiara desa menaming, Rosy Ponri bersama anggota kelompok dan ketua pembiana, Asnawi.

Kepala bidang (Kabid) Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Rohul, Andesmar mengatakan untuk mendukung para pembudidaya ikan pihaknya telah memberikan bantuan kepada kelompok pembudidaya ikan mutiara baik berupa bibit ikan maupun pakan.

Selain itu kelompok pembudidaya ikan mutiara Desa Menaming juga mendapat bantuan satu unit eskavator dari kementrian kelautan perikanan bagian rektur budidaya dan kawasan yang dipergunakan kelompok untuk mengolah lahan maupun pembuatan kolam baru bagi kelompok.

“Kita berharap bantuan alat berat beruapa eskavator tentu tidak diperuntukakan kepada kelompok mutiara saja, namun bagi kelompok lain yang ingin menggunakan alat tersebut nanti bisa juga dimamfaatkan oleh kekompok pembudidaya ikan lainnya baik yang ada didesa menaming maupun yang ada diluar desa menaming " tuturnya.

Dia juga meminta kepada kelompok perikanan yang ada didesa menaming juga nanti akan mampu menjadi sumber perikanan untuk kebutuhan rokan hulu,apa lagi arealnya sangat mendukung dan berpotensi karena dialiri air irigasi dari bendungan sungai menaming sehingga tidak ada kehawatiran k

Pihaknya berharap bahwa pengelolaan kelompok ikan ini tidak sampai saat ini, namun diharapkan terus menerus sehingga kebutuhan ikan dikabupten rokan hulu akan tetap terpenuhi setiap tahunnya.

Sementara ketua kelompok pembudidaya ikan mutiara Desa Menaming,Rosy Ponri mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Rokan Hulu,terutama Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Rokan hulu yang memberi bantuan pengembangan budi daya ikan bagi kelompok tani.

“Untuk luas areal kolam ikan yang dimiliki oleh kelompoknya saat ini lebih kurang dua hakter dangan jumlah kolam mencapai puluhan kolam mulai dari kolan ikan nila alias mujair, ikan emas, dan ikan lainnya,”jelas Rosy.

Selain itu kelompok tani juga mengucapkan terima kasih kepada kementrian kelautan perikanan RI melalui aspirasi anggota DPR RI, Efendi Sianipar yang sudah memberikan bantuan berupa satu unit alat berat eskavator yang akan dimamfaatkan kelompok untuk pengembangan pembudidayaan ikan.

Untuk panen perdana kali ini ikan yang berasil dipanen lebih kurang 3 ton dan ikan ini nantinya akan dijual melalui agen maupun perorangan dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat sesuai dengan harga pasarannya,”Rosy mengakhiri.(Ar)

(37) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri replica watches replica rolex watches
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved