- - - -
Rabu, 19 09 2018  
Tim Rescue Masih Berjaga
Harimau Sumatera Tidak Terlihat Lagi Berkeliaran Di Pemukiman Masyarakat

Reportase Pelalawan - Erizal - Senin, 02/04/2018 - 20:42:35 WIB

PELALAWAN--Humas Balai Besar KSDA Riau Dian Indriati menyampaikan sudah beberapa hari ini tidak terlihatnya tanda-tanda bahwa Harimau Sumatera berkeliaran di wilayah perkebunan maupun di wilayah pemukiman masyarakat.

“Yang jelas,kita tetap mengupayakan untuk pencarian ,penyisirian dilokasi setiap hari dan Tim terus melakukan patroli dilokasi, sampai Satwa tersebut benar-benar sudah tidak berada dilokasi tersebut atau sampai suasana memungkinkan untuk memastikan tidak berada dilokasi perkebunan PT.THIP dan pemukiman masyarakat,”terang Dian saat di konfirmasi melalui telp selulernya Selasa ( 2/4/2018 ).

Menurutnya,untuk saat sekarang Harimau dengan nama Bonita dan HS ini kondisi sampai pada hari sudah jauh dari pemukiman warga dan perkebunan PT.THIP.Tim BKSD masih dilokasi untuk memantau dengan kamera bock trap yang terpasang delapan unit, Kamera rectrep ada 12 unit masih di lokasi.Kamera tersebut berfungsi untuk memantau keberadaan Bonita dan HS.

Tim Rescue BKSD,imbuhnya,setiap hari melakukan patroli dilokasi dan terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat khususnya di Desa Pelangiran untuk selalu waspada.
“Imbauan kita kepada masyarakat kalau mau keluar rumah atau mau pergi kerja haruslah berombongan minimal tiga orang.Kita ada memasang rambu-rambu perlintasan Harimau Bonita dan HS.Masyarakat diminta agar jangan melewati lewatinya,”terang Dian.

Ia menambahkan penyebab satwa yang dilindungi banyak keluar dari peraduannya karena banyaknya perubahan yang terjadi terhadap lingkungan Hutan Lindung berubah menjadi Hutan Tanaman industri membuat beberapa hewan satwa liar yang dilindungi keluar dari pemenambahkanraduannya.

Menipisnya hutan lindung akibat dari perambahan atau membuka lahan dari hutan menjadi perkebunan membuat hewan satwa yang di lindungi memasuki kawasan perkebunan dan pemukiman masyarakat.

Salah satunya hewan yang dilindungi berupa Harimau sumatera yang kerap kali masuk didalam perkampungan masyarakat atau perkebunan perusahaan. Ini bertanda bahwa untuk tempat berlindung dan mencari makan sudah tidak ada.( Rizal ).

(265) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri replica watches replica rolex watches
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved