- - - -
Sabtu, 22 09 2018  
PT Tasma Puja Terkesan Tolak Kompensasi Ganti Rugi
Ingkari Hasil Kesepakatan Dengan Bupati Kampar 6 Maret 2018

Reportase Kampar - Hasbi - Selasa, 13/03/2018 - 16:41:20 WIB

KAMPA,REPORTASERIAU.COM--PT.Tasma Puja terkesanmenolak hasil mediasi yang dilakukan pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar, antara Perusahaan Perkebunan Sawit PT. Tasma Puja dan masyarakat Desa Kampar,Selasa 06 Maret 2018 kemarin di Lantai III Ruangan Rapat Bupati Kampar.

Penolakan tersebut tertuang pada surat yang dikirin pihak PT.Tasma Puja kepada Bupati kampar Senin 12 Maret 2018 yang isi lengkapnya sebagai berikut : Menindak lanjuti hasil rapat Selasa 06 Maret 2018 mengenai penyelesaian klaim lahan PT. Tasma Puja oleh pihak tertentu di Desa Kampar, dengan tidak mengurangi rasa hormat kami kepada Bapak, bahwa kami belum bisa menyampaikan jawaban tersebut pada tanggal 13 Maret 2018 dikarenakan masih adanya isu/gejolak dari masyarakat akan menuntut hal yang sama, sehingga perlu kami evaluasi kembali mengenai jawaban tersebut.

Dalam kesempatan ini perkenankan kami untuk menyampaikan kembali kepada Bapak bahwa ganti rugi lahan PT. Tasma Puja sudah tuntas dilaksanakan secara terbuka pada Tahun 1991-1992 melalui tim yang terdiri dari Camat, Kepala Desa, Ninik Mamak dan Pemuka Masyarakat. Dan sejak Tahun 1992 sampai dengan sekarang (lebih kurang 25 Tahun) tidak ada permasalahan klaim yang timbul dan baru kali inilah timbul masalah/klaim, bertepatan dengan usia sebagian tanaman yang memasuki usia replanting.

Adanya surat PT. Tasma Puja tersebut yang ditandatangani langsung oleh Direktur Ketut Sukarwa mengatakan diri belum bisa memberikan jawaban. Karena dirinya saat ini sedang ada keluarga kemalangan.

"Langsung saja sama Humas PT. Tasma Puja, untuk meminta konfirmasi,"ujar Direktur Melalui Pesan Singkat Wapp Wartawan pada Selasa (13/3/2108).

Humas PT. Tasma Puja Ariansah yang dihubungi melalui via Telponnya Selasa (13/3/2018) mengatakan saat ini dirinya lagi lokasi. "Nanti sore saja hubungi saya kembali, karena sinyal HP sangat susah disini,"sebutnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perkebunan Kampar Bustam, menanggapi dengan santai terkait surat yang dilayangkan PT. Tasma Puja tersebut, dengan mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini kita akan melakukan rapat kembali untuk membahas masalah yang kemarin.

"Tidak ada masalah dalam surat tersebut, besok masih ada rapat lagi dengan pihak perusahaan PT Tasmapuja,"pungkasnya.

Saat ditanyakan mengenai adanya dugaan bahwa PT. Tasma Puja menolak untuk memberikan Kompensasi terhadap Warga Desa Kampar Kecamatan Kampar yang sudah disepakati saat rapat bersama Bupati Kampar H. Azis Zaenal. Bustam, menjawab berarti ada yang belum tuntas.”Untuk itu harus dicarikan jalan keluarnya,"terangnya.

Sebelumnya untuk diketahui Bupati Kampar H.Azis Zaenal kembali menandatangani penyelesaian sengketa PT Tasma Puja, Selasa, (06/03) kemarin.Bupati Kampar memberikan solusi terbaik bagi masyarakat dan PT Tasma Puja.

Bupati Kampar didampingi Wabup Catur Sugeng Susanto, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Kampar (Forkopimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kampar, Kadis Bunnakeswan Kabupaten Kampar Ir. Bustan, Direktur PT Tasma Puja Ketut Sukarwa, Camat Kampar Kholis Febriyasmi, dan Kades Kampar Lukman Efendi serta tokoh masyarakat Darajis.

Dalam rapat tersebut diputuskan beberapa kesepakatan, diantaranya, pertama, semua pihak (Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar, Forkopimda Kabupaten Kampar, Camat Kampa, Kepala Desa Kampar, Ninik Mamak dan Masyarakat) menjamin tidak ada lagi menuntut perusahaan di masa yang akan datang dalam hal ini sengketa lahan.

Kedua, pihak perusahaan bersedia memberikan kompensasi untuk masyarakat Desa Kampar. Ketiga,mengenai nilai kompensasi, pihak perusahaan akan menyampaikan kepada Bupati atau Pemerintah Kabupaten Kampar, Selasa 13 Maret mendatang.

Keempat, apabila terjadi klaim lahan dari masyarakat atau pihak manapun terhadap lahan PT Tasma Puja, maka masalah tersebut akan diatasi sepenuhnya dan diselesaikan oleh Pemerintah Kabupaten Kampar. (Ha)

(275) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri replica watches replica rolex watches
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved