- - - -
Rabu, 14 November 2018  
Pemilik Angkutan Turut Diamankan
TNI-AD Amankan 12 Orang Diduga TKI Ilegal

Reportase Daerah - Wisman Sinaga - Rabu, 07/03/2018 - 19:31:14 WIB

ROHIL--Sebanyak 12 orang diduga TKI ilegal dari negara Malaysia tujuan Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara (Sumut) diamankan oleh pihak Koramil 04/Kubu Kodim 0321/Rohil, pada Rabu 07 Maret 2018, sekira pukul 01.00 WIB.

Dari 12 orang TKI yang diamankan itu terdiri dari 10 orang pria dan 2 orang wanita. Petugas juga turut mengamankan 3 orang pria yang diduga pemilik angkutan diketahui warga Kecamatan Pasir Limau Kapas, Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau.

AKBP Sigit Adiwuryanto SIK MH melalui Kepala Bagian Humas Polres Rohil AKP Ruslan menyebutkan, sekira pukul 11.00 WIB, pihak Koramil 04/Kubu menyerahkan ke-12 orang TKI dan 3 orang lainnya diduga sebagai nakhoda dan ABK kapal (boat) kepada pihak kepolisian sektor Kubu, Polres Rokan Hilir.

Kronologinya, saat itu Bhabinsa Kepenghuluan Pasir Limau Kapas bernama Sertu TNI-AD M Gultom menemukan 12 orang TKI diduga ilegal (tanpa dokumen) di jalan darat Sungai Sanggul, Dusun Mekar Sari Kepenghuluan Pasir Limau Kapas, Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Menurut pihak berwenang, adapun ke-12 orang TKI diduga ilegal tersebut merupakan warga negara Indonesia (WNI). Sedangkan ke- 3 orang pria yang amankan merupakan agen pengangkutan untuk para TKI yang akan pulang ke daerahnya masing-masing.

Atas temuannya itu Sertu Gultom berkoordinasi dengan Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi, SIP melalui Danramil 04/Kubu Kapten Alparizi, dan memerintahkan Sertu Gultom untuk mengamankan dan membawa ke 12 orang TKI, dan 3 orang lainnya ke Markas Koramil Kubu di Teluk Merbau untuk diperiksa.

Awalnya 12 TKI berangkat dari negara Malaysia dengan menggunakan Kapal Motor milik Budi warga Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara, dan menurunkannya di tepi pantai Sungai Sanggul Dusun Mekar Sari, Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Selanjutnya ke 12 TKI tersebut dijemput oleh 3 orang pria dengan menggunakan sebuah sampan boat lalu menaikkannya ke daratan.

Ketiga orang warga Panipahan tersebut diketahui bernama M (48), S (38), dan N (44). Kepada petugas H mengaku mendapatkan telepon dari temannya untuk mencari TKI dari Malaysia di seputar pantai Sungai Sanggul, Mekar Sari, Desa Palika.

Petugas menduga kemungkinan besar tekong kapal motor dari Tanjung Balai itu sudah mengetahui jalur perairan menuju pelabuhan tikus di Sungai Sanggul Mekar Sari yang diduga kerap digunakan oleh pemilik boat menuju Malaysia.

Setelah dilakukan koordinasi antara pihak Koramil 04/Kubu dan pihak kepolisian sektor Kubu ternyata Tempat Kejadian Perkara (TKP) masih berada di wilayah hukum kepolisian sektor Panipahan, dan perkaranya akan dilimpahkan ke Mapolsek Panipahan.

Berikut identitas ke 12 TK tersebut:
1. Nama :Ruslan
Umur : 45 thn
Alamat : Tj Balai Asahan
2. Nama : teti lubis
Umur : 25 thn
Alamat : Aek Kanopan,Sumut
3. Nama indra ginting
Umur 36 thn
Alamat Bandan Baru,Sumut
4.Nama maisura
Umur 34 thn
Alamt Tj Pura Langkat
5.Nama agus riwanto
Umur 28 thn
Alamat Tuban Surabaya
6.Nama gunawan
Umur 21 thn
Alamat Sulawesi Tenggara
7.Nama Railun
Umur 19 thn
Alamat Sulawesi Tengah
8.Nama Ardi
Umur 23 thn
Alamat Bandar Kalipah Tebing Tinggi
9.Nama M.Nur Ismail
Umur 46 thn
Alamtat Langsa Desa Hubani.
10.Nama Hamit bin mahmud
Umur 37 thn
Alamat Loksomawe Aceh Utara
11.Nama Saipul alan
Umur 26 thn
Alamat Sulawesi Tenggara Kab. Buton tengah
12. Nama abdul rahman
Umur 38 thn
Alamat Tj Balai Asahan. (Wis)

(405) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved