- - - -
Jum'at, 20 April 2018  
Yayasan Pelopor Sehati Gelar Diskusi Adat

Reportase Kampar - Hasbi - Jumat, 05/01/2018 - 18:08:02 WIB

PADANG MUTUNG,REPORTASERIAU.COM--Yayasan Pelopor Sehati taja acara diskusi dengan tema ‘Masyarakat Hukum Adat dan Tanah Hak Ulayat’ dilaksanakan di Aula kantor Desa Padang Mutung Kecamatan Kampar, Kamis (4/1/18).

Diskusi bertujuan guna memperkuat kelembagaan Adat istiadat di kenegerian Umbio Hadir dalam acara, datuok Godang Kenegerian Rumbio, Edi Susanto, Datuok Putih, Kamaruzaman, Datuok Tumenggung dan puluhan para Datuok di Kenegerian Rumbio.

Ketua Yayasan Pelopor Sehati, Masriadi kepada Wartawan usai acara mengatakan, bahwa acara diskusi ini sengaja ditaja sebagai ajang silaturrahmi para pemangku adat.
Diharapkan, para pemangku adat dapat bersinergi guna memajukan negeri, ucapnya.

Selain itu, dapat memperkuat kelembagaan adat di Kenegerian Rumbio. "Hal ini sebenarnya merupakan keinginan bersama para pemangku adat," ujarnya.

Kamaruzaman yang bergelar Datuok Putih dalam kesempatan itu menyampaikan, hendaknya sebagai pemangku adat untuk tidak menjadi tamu di negeri sendiri. Walaupun saat ini sudah banyak masuk ke Kenegerian Rumbio.

"Kita para pemangku adat, hendaknya dapat bersatu dan tidak mudah diadu domba, dimano bumi dipijak disitu langit dijunjung," ujarnya.

Sementara itu, Datuok Godang Kenegerian Rumbio, Edi Susanto mengatakan, bahwa penetapan status adat ditentukan oleh masyarakat adat itu sendiri begitu juga dengan ulayat.

Untuk itu, ia meminta selekasnya para Ninik Mamak di seluruh penjuru di Kenegerian Rumbio dikukuhkan. Hal itu bertujuan agar nantinya tatanan dan nilai-nilai adat kembali seperti semula.
"Dalam bulan kita tuntaskan penobatan para Ninik Mamak," ujarnya. (Hasbi)

(179) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri replica watches replica rolex watches
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved