- - - -
Senin, 11 Desember 2017  
Kabupaten Pelalawan
Paripurna II Kordinasi Sistem Inovasi Daerah ( SIDa ) Tahun 2017

Reportase Pelalawan - Rizal - Kamis, 30/11/2017 - 07:47:44 WIB

PANGKALAN KERINCI--Pemkab Pelalawan menggelar Rapat Paripurna II Kordinasi Sistem Inovasi Daerah ( SIDA ) tahun 2017 Pengembangan kegiatan Ilmu dan Teknologi Inovasi Rabu (29/11/2017 ).Acara diselenggarakan selama 2 hari dimulai dari tanggal 29-30 November 2017.

Dalam acara Rapat Paripurna II dihadiri oleh Deputi Kepala BPPT bidang PKT Dr Ir Gatot Dwianto M.Eng, Deputi Inovasi Administrasi Negara (LAN) Dr Tri Widodo WU, Direktur Pusat Teknologi Inovasi Daerah Ir.Atang Sulaeman MSi, Bupati Pelalawan H M Harris, Kepala Balitbang Kabupaten Pelalawan Ir. Arizal dan seluruh OPD di Pemerintahan Kabupaten Pelaalawan Rapat dilaksanakan di Ruang Pembaharuan lantai 2 Kantor Bappeda Kabupaten Pelalawan Rabu,(29/11/2017 )

Bupati Pelalawan Menyampaikan dalam Acara Rapat Paripurna II Kordinasi Sistem Inovasi Daerah Tahun 2017 bahwa visi & Misi kabupaten Pelalawan tahun 2016-2021 Inovasi Pelalawan Emas ( Ekonomi Mandiri Aman Sejahtera ) untuk Pemerintah maupun masyarakat agar dapat meningkatkan daya saing dan meningkatkan perekonomian khusunya kesejahteraan di masyarakat untuk dapat merubah pola pikir dan pola kerja.

Tujuan akhir Kabupaten Pelalawan adalah menciptakan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan berkelanjutan baik dari jajaran pemerintah maupun di masyarakat dalam menunjukan daya saing upaya-upaya perkembangan melalui Inovasi - inovasi dari masyarakat yang berkelanjutan.

Dalam RPJMD Kabupaten Pelalawan 2016-2021 mempunyai misi dalam kerja mendekakn sisitem informasi untuk mendukung perekonomian daerah yang kuat dan bersaing tinggi sistem inovasi daerah, suatu bentuk cara pandang atau pendekatan yang dilaksanakan sistematis yang berkelanjutan.

selanjutnya Penyerahan Penetapan Penanggung jawab zona kawasan teknopark pelalawan dan penyerahan Matrik tugas kepada masing-masing perangkat daerah penanggung jawab diawali dengan pemabacaan SK Bupati Pelalawan.

Ada 4 Akselerasi Pembangunan Daerah dengan Inovasi :
1. Pendidikan " Mencerdaskan Si miskin menjadi generasi emas,Distribusi Guru secara Proposional, Kelas Perahu"
2. Kesehatan " Kemitraan Bidan Dukun, Pantasi Mark, Lorong Sehat"
3. Perizinan " SMS Gateway Layanan Perizinan, Paket Perizinan Investasi(Paksi), Perizinan (LARASITA).
4. Keterbukaan Informasi " GRMS Surabaya Single Window, Kampung Media, 3 in 1 Pelayanan Publik".

Inovasi Daerah sebagai Prioritas RKP 2018 merupakan program bentuk pemihakan kebijakan secara afirmatif untuk mengakselerasi perubahan dan peningkatan kinerja pembangunan didaerah tertinggal, sehingga gap antar wilayah dapat dikurangi.

10 Program Labiratorium Inovasi, 7 Inovasion impact Asessment, 10 Program Champion Inovation, memang untuk Kabupaten Pelalawan tidak termasuk didalam Program diatas berarti Kabupaten Pelalawan sudah terpenuhi dan di anggap sudah mampu untuk berinovasi.

Dibutuhkan keterlibatan yang nyata agar Inovasi dapat tumbuh sebagai sebuah budaya birokrasi, keberpihakan ini meliputi aspek kebijakan (termasuk SIDa) serta dukungan kelembagaan ,pembiayaan, peningkatan kapasitas, pengembangan jaringan.

Tradisi inovasi perlu dikembabgkan untuk dapat diimplementasikan amanat dalam UU Pemda, RPJMN, maupun PP Inovasi daerah, sehingga inovasi akan terlambang sebagai sebuah sistem dalam penyelenggaraan pemerintah daerah.

Labinov Map perjalan Asistensi Pemerintah Daerah Berinovasi Peneliti Madya Good Govermance Suripto manyampaikan Pada tahun 2015 kita mempunyai pilot project yang ke ikut sertaan pemerintah daerah untuk memajukan inovasi -inovasi yang ada didaerah, Dari 3540 inovasi yang terdata kita akan mendokumtasikan untuk dapat di publikasikan ke masyarakat.

Inovasi yang di inovasikan oleh ASN pemerintah daerah melalui beberapa contoh Observasi meliputi Sedimen berkah mengubah sedimen menjadi batubata.Mulan Jamila mengantarkan buku andalan jaminan kepuasan layanan pustakawan, Pelayanan Kartu kuninf di kecamatan kebumen, Desa Gren Mall, Integrasi Nikah sekali jalan melalui pelayanan nikah masal dengan mendapatkan surat nilah KTP KK Akte Kelahiran anak surat gereja, Loket SP2D Terpadu melalui sistem pelayanan loket SP2D terpadu muara enim, Mitra Kurir Langit , Gemas Pesulan " Gerakan ", Satuan Bersama Pengembabgan Inovasi Daerah Inovasi" SABERINA",
" Ada 5 D Metode yang terdiri dari Drum-up, Diagnose, Design, Deliveri, Display." (Rizal ).

(53) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri replica watches replica rolex watches
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved