- - - -
Senin, 11 Desember 2017  
Kasus Human Trafiking Dumai
Terdakwa Perdagangan Manusia Dihukum Bebas,Jaksa Kasasi

Reportase Dumai - Mulak Sinaga - Senin, 30/10/2017 - 15:00:45 WIB

DUMAI--Atas Putusan Hakim yang memvonis bebas tiga terdakwa Said Saleh,Zoel dan Paripurna dalam perkara Human Traffiking ( Perdagangan manusia ) oleh PN Dumai pada 17Oktober 2017, Pihak Kejaksaan Negeri Dumai menyatakan Kasasi.

“Berkas Memori sudah dikirim ke Mahkamah Agung melalui Kepaniteraan Pengadilan Negeri Dumai 20 Oktober lalu,”kata Kepala Kejaksaan Negeri Dumai,Mat Perang Yusuf SH MH melalui Kepala Seksi Pidana Umum,Emri Kurniawan SH MH,Senin (30/10/17 ).

Menurutnya pihaknya kasasi guna mengoreksi atau meninjau ulang hasil putusan vonis bebas terhadap 3 terdakwa kasus perdagangan manusia itu.

Hengki Pranciskus SH Jaksa Penuntut Umum membawa perkara tindak pidana perdagangan manusia atas nama terdakwa Said Saleh ( WNI ),Padil ( WNI ) dan Zoel ( Warga Negara Banglades ) ke hadapan Majelis Hakim PN Dumai.

JPU menuntut para terdakwa dengan hukuman 7 Tahun 6 bulan penjara.Jaksa meyakini para terdakwa telah melanggar Pasal 124 Ayat ( 1 ) Undang Undang Ke Imigrasian.

Namun setelah hakim menjatuhkan hukuman bebas terhadap para terdakwa Hengki mengaku merasa sangat terpukul.

" Sesuai bukti dan pengakuan para saksi yang telah saya hadirkan di persidangan.Ketiga terdakwa saya yakini telah melanggar Pasal 124 Ayat ( 1 ) Undang Undang Ke Imigrasian.Makanya saya mengajukan tuntutan 6 tahun terhadap terdakwa Padil dan 7 tahun 6 bulan terhadap terdakwa Said Saleh dan Zoel.

Menanggapi putusan hakim yang memvonis bebas 3 terdakawa perdagangan manusia,Firman Khadafi Tjindarbumi SH MH menyatakan putusannya sudah adil.

"Coba baca isi Pasal 184 Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana.Disana sangat jelas disebutkan,bahwa alat bukti berupa surat harus yang asli.Nah,coba tanya JPU yang menangani perkara itu.Apakah paspor yang di jadikan sebagai alat bukti dalam perkara ini yang asli ?."Ujar Firman Khadafi Tjindarbumi.

Mengenai adanya upaya kasasi dari pihak JPU,Firman Khadafi Tjindarbumi justru berkata,"Sampai kemana pun putusan itu akan saya pertangungjawaban."kata Firman Khadafi Tjindarbumi mengakhiri perbincangannya dengan Reportase Riau.com.( Mulak Sinaga )

(111) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri replica watches replica rolex watches
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved