- - - -
Senin, 11 Desember 2017  
Hari Anti Narkoba International di Kab.Pelalawan
AKBP Drs H.Andi Salamon Imbau Masyarakat Sadar Bahaya Narkotika

Advertorial Pelalawan - Rasmidir - Kamis, 13/07/2017 - 21:07:58 WIB

PANGKALAN KERINCI--Kepala BNNK Kab.Pelalawan AKBP Drs H Andi Salamon MH mengimbau segenap lapisan masyarakat agar sadar tentang bahaya narkotika.

Imbauan ini disampaikan Andi saat temu ramah dengan sekuruh insan pers di Pelawan dalam acara Hari Anti Narkoba International ( HANI ) Tahun 2017 Kamis ( 13/7/17 ).

Andi Salamon mengimbau kepada masyarakat apabila ada warganya terindikasi narkotika segera laporkan ke BNN Kab.Pelalawan,”Apakah dia pengguna atau korban narkotika akan kita rehabilitasi.Kalau dia pengedar narkoba akan kita masukan ke penjara.”tegasnya.

Selanjutnya ia memaparkan beberapa pasal terkait peran masyarakat dalam pencegahan narkoba. Dalam pasal 104 sampai dengan pasal 108 tentang peran serta Masyarakat,”Pasal 104,masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Pasal 105 :Masyarakat mempunyai hak dan tanggung jawab dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Pasal 106:Hak masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika diwujudkan dalam bentuk:a. mencari, memperoleh, dan memberikan informasi adanya dugaan telah terjadi tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika;

b. memperoleh pelayanan dalam mencari, memperoleh, dan memberikan informasi tentang adanya dugaan telah terjadi tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika kepada penegak hukum atau BNN yang menangani perkara tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika;

c. menyampaikan saran dan pendapat secara bertanggung jawab kepada penegak hukum atau BNN yang menangani perkara tindak pidana Narkotika dan Prekursor Narkotika;
d. memperoleh jawaban atas pertanyaan tentang laporannya yang diberikan kepada penegak hukum atau BNN;

e. memperoleh perlindungan hukum pada saat yang bersangkutan melaksanakan haknya atau diminta hadir dalam proses peradilan.

Pasal 107 :Masyarakat dapat melaporkan kepada pejabat yang berwenang atau BNN jika mengetahui adanya penyalahgunaan atau peredaran gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

Pasal 108 :(1) Peran serta masyarakat sebagaimana dimaksud dalam Pasal 104, Pasal 105, dan Pasal 106 dapat dibentuk dalam suatu wadah yang dikoordinasi oleh BNN.

(2) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dengan Peraturan Kepala BNN.

Dan apabila terjadi penyalahgunaan narkotika didalam rumahnya akan dikenakan pasal 131. Setiap orang yang dengan sengaja tidak melaporkan adanya tindak pidana sebagaimana dimaksud dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau pidana denda paling banyak Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).

Diakhir uraiannya Andi Salamon mengungkapkan laporan yang masuk ke BNNK Pelalawan berdasarkan laporan secara sukarela dari masyarakat.Saat ini pecandu narkoba yang direhabilitasi diantaranya rawat jalan ada 22 orang.Sementara ada 3 perkara di tahun 2017.

“Saya tidak bangga kalau banyak orang ditangkap pengguna narkotika,bandar narkotika atau banyaknya barang bukti.Sebab tidak ada kata yang sembuh melainkan kata pulih,”ungkap Ka BNNK Pelalwan ini.

Andi berharap tingkat imun masyarakat pelalawan sangat tinggi dan tidak ada yang menggunakan Narkotika. (Rzl)

(521) Dibaca - (0) Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

 
 
 
 
 
 
 
Redaksi | Index | Galeri replica watches replica rolex watches
Copyright 2013-2015 PT. Pressindo Multi Media, All Rights Reserved